Minggu, 03 Mei 2020

 4 Mei 2020
                           Manajemen       
                  
*Definisi manajemen
 Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno management artinya seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen sendiri yaitu seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain.
*Pengertian Manajemen menurut para ahli
1. George R.Terry(pengusaha dan politikus Amerika).
Manajemen adalah suatu proseskhas yang terdiri atas berbagai tindakanperencanaan,pengorganisasian,penggerakan dan pengendalian untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lain.
2.Oey Liang Lee(ekonom indonesia)
Manajemen adalah ilmu dan seni
perencanaan,pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.Marry Parker Follet
Manajemen adalah seni tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.
* Tujuan manajemen 
adalah memberikan panduan, arahan, membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja, serta memotivasi dan menginspirasi karyawan.
*Unsur Manajemen
1.Manusia(man) 
Manusia berperan sebagai penggerak,motivator,ataupun dinamisator.
2. Uang(money)
Uang berperan sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai.
3. Bahan(material)
Bahan terdiri atas bahan mentah,barang setengah jadi,dan barang jadi.
4.Mesin
Pemakaian mesin mempermudah proses produksi,menciptakan efisiensi kerja,serta meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi.
6.Metode(methods)
Metode kerja menggambarkan tata cara kerja yang teratur dan terstruktur dengan mempertimbangkan aspek sasaran,fasilitas yang tersedia,alokasi waktu,uang,serta kegiatan usaha.
7.Pasar(market)
Pasar merupakan tempat menyalurkan dan memasarkan hasil produksi perusahaan.
*Tingkat Manajemen
a. Manajemen Puncak(top menagement)
Manajemen puncak harus memiliki keterampilan konseptual.Tugas manajemen puncak adalah merencanakan kegiatan dan strategi serta mengarahkan jalannya perusahaan.
b.Manajemen menengah(Middle Management)
Manajemen menengah menjadi penghubung antara manajemen puncak dan manajemen ini pertama.Tugas manajemen menengah adalah menggerakkan,memahami,dan memotivasi orang lain,baik secara individu maupun kelompok.
c. Manajemen lini pertama(first-line Management
Manajemen lini pertama memimpin dan mengawasi tenaga operasional.Manajemen lini pertama bertanggung jawab melaksanakan keputusan dan rencana yang ditetapkan manajemen tingkat menengah mencakup prosedur,teknik,pengetahuan,dan keahlian dibidang khusus.
Prinsip Manajemen 
a. Pembagian kerja(Division of Work)
Pembagian kerja dalam suatu badan sangatlah diperlukan untuk membedakan seseorang dalam suatu perusahaan apakah ia pemimpin, pelaksanan, staf dan lain sebagainya. 
b.Wewenang dan tanggung 
jawab(Authority and responsibility)
Setiap pejabat/pemimpin dalam suatu badan tertentu harus memiliki kekuasan dan tanggung jawab untuk mengambil keputusan sehubungan tugas dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dikerjakannya.
c. Disiplin(Discioline)
Disiplin merupakan sesuatu yang menjadi dasar bagi kekuasaan suatu perusahan  yang terlibat dalam suatu badan harus ada kedisplinan untuk melakukan suatu pekerjaan menaaati peraturan yang dibua
d. Kesatuan perintah (Unity of command)
Untuk memperlancar pencapaian tujuan perlu adanya kesatuan perintah dari atasan kepada bawahan atau seorang pegawai menerima perintah dari seorang atasannya.
e. Kesatuan pengarahan(Unity of direction)
prinsip kesatuan arah dimaksudkan seorang kepala dan pegawainya tidak boleh bertentangan antara satu sama lain dalam mencapai suatu tujuan yang secara keseluruhan.
f. Mendahulukan kepentingan umum 
daripada kepentingan pribadi 
prinsip ini dimaksudkan bahwa kepentingan umum atau perusahaan secara keseluruhan harus berada diatas kepentingan pribadi.
g.penggajian
Dalam pemberian upah kepada pegawai harus adil atau tidak berat sebelah ada dasar-dasar objektif dalam menetapkan upah masing-masing pegawai.
h. Pemusatan
Suatu wewenang dapat dipusatkan dan dapat didegasikan kepada pejabat-pejabat tertentu untuk memperlancar jalanya suatu perusahaan.
i rantai skalar
prinsip ini dimasudkan bahwa garis wewenag dalam suatu organisasi haruslah jelas
j. Tata tertib
Dalam melakukan sautu usaha harus ada ketertiban baik secara material maupun orang-orang sehingga ada aturan yang harus dijalankan.
k. Keadilan
Agar setiap bawahan setia kepada atasannya maka masing-masing atasan harus mempraktikkan keadilan yakni memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya.
l. Pemantapan Jabatan
Keberadaan pegawai harus dijaga kestabilannya jangan terlalu sering pergantian pegawai baik karena pemindahan atau pemecatan.
m. Prakarsa 
Setiap orang atau pegawai diberi kesempatan untuk mengungkapkan atau menjalankan inisiatif baik mengenai cara kerja prosedur kerja atau menjalankan rencana baru dalam pekerjaannya.
n. Solidaritas 
Pada diri setiap pegawai atau manajer perlu ditanamkan jiwa kesatuan atau kesetiaan pada kelompok sehingga dapat bekerja sama pada sejumlah orang untuk mencapai tujuan bersama.
1. Fungsi Manajemen menurut Henry Fayol pakar manajemen dan administrasi dari prancis terdiri dari:
a. Perencanaan(Planning)
Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Pengorganisasian(organizing)
Organizing adalah pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
c. Memerintah (commanding)
Fungsi memberi perintah atau arahan berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan.
d. Pengoordinasian (coordinating)
adalah suatu fungsi yang tujuannya demi meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaan, membuat tempat kerja menjadi sehat, nyaman, dinamis, dan lain-lain. 
e. Pengendalian (controlling)
fungsi pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan.
2.Fungsi manajemen menurut George R. Terry
George R Terry juga mengemukakan teorinya mengenai fungsi manajemen. Dalam bukunya yang berjudul Principle of Management dijelaskan ada 4 fungsi manajemen. Fungsi yang dijelaksan oleh G. R Terry memiliki kesamaan dengan fungsi manajemen secara umum yaitu fungsi perencanaan(planning),fungsi pengorganisasian(organizing),fungsi pelaksanaan(actuating),fungsi pengendalian(controlling)
3
3. Fungsi manajemen menurut John F.Mee
Fungsi manajemen terdiri dari Planning (perencanaan) Organizing(pengorganisasian)Motivating(motivasi)Controlling(pengawasan
4. Fungsi manajemen menurut Louis A. Allen
Fungsi manajemen terdiri dari Leading(kepemimpinan)Planning(perencanaan) Organizing (menyusun) Controlling (mengawasi)
5. Fungsi manajemen menurut McNamara 
Fungsi manajemen terdiri dari Programming (pengaturan)Planning(perencanaan)Budgeting (penganggaran)System (penyusunan sistem)
6. Fungsi manajemen menurut Kooontz dan O'Donnel
Fungsi manajemen terdiri dari Planning (perencanaan)Organizing (menyusun)Staffing (penyusunan pegawai)Directing (pengarahan)Controlling (pengendalian)
7.Fungsi manajemen menurut William  H.Newman
Planning(perencanaan)Organizing (pengorganisasian)AssemblingResources (pengumpulansumberdaya)Directing (pengarahan)Controlling (pengawasan)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

                Nature Photography Exhibition 16 January, 2021    Nature can be a friend or an enemy, it depends on our attitude. When we ca...